Rabu, 21 Oktober 2015

LETAK NEGARA INDONESIA

A.    Letak Geografis Indonesia Serta Pengaruhnya



Letak geografis Indonesia adalah posisi keberadaan negara Indonesia berdasarkan letak dan bentuknya dimuka bumi. Menurut letak geografisnya, Indonesia berada diantara dua benua (Benua Asia dan Benua Australia) dan dua samudera (Samudera Hindia dan Samudera Pasifik). Karena hal tersebut, Indonesia menjadi bagian penting bagi perekonomian dunia. Untuk lebih jelasnya, kita bisa melihat letak geografis Indonesia pada peta disamping ini.

Jika kita melihat gambar peta disamping, Indonesia berbatasan langsung dengan Benua Asia disebelah utara, Benua Australia disebelah selatan, Samudera Hindia disebelah barat, dan Samudera Pasifik disebelah timur. Indonesia sendiri termasuk negara yang berada didalam Benua Asia, tepatnya Asia Tenggara atau yang kita kenal sebagai ASEAN bersama 10 negara lainnya seperti Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, Brunei Darusalam, Vietnam, Myanmar, Kamboja, Laos, dan Timor Leste. 
Oleh karena posisi geografis Indonesia yang begitu strategis, tentu hal ini akan memberikan keuntungan yang besar kepada negara kita. Sudah sepatutnya kita memanfaatkan kondisi ini untuk kesejahteraan dan kemakmuran bangsa Indonesia. Karena letaknya yang strategis, Indonesia menjadi persimpangan lalu lintas dunia, baik darat, udara, maupul laut. Indonesia juga bertetangga dengan banyak negara di Asia yang sedang menunjukan geliat pertumbuhan ekonomi yang luar biasa seperti China, India, dan Thailand. Selain itu, Indonesia berada pada titik persilangan perekonomian dunia dan perdagangan internasional, baik negara-negara industri maju maupun berkembang.
Letak Indonesia yang sangat strategis secara geografis membuat Indonesia mau tidak mau mendapatkan pengaruh dari luar seperti kebudayaan dan peradaban dunia. Secara nyata kita masih bisa saksikan kebudayaan asing yang masih tumbuh dan berkembang di tanah air kita seperti kebudayaan China. Kebudayaan-kebudayaan China yang ada di Indonesia seperti alat musiknya, musiknya, perayaan-perayaannya, keseniannya, pakaiannya, kulinernya dan masih banyak lagi. Selain kebudayaan China, ada juga kebudayaan asing lainnya yang masih eksis di Indonesia, yaitu kebudayaan Arab. Kebudayaan Arab masih bisa kita saksikan pada acara-acara pernikahan dan perayaan-perayaan hari besar agama Islam.
Posisi Indonesia yang diapit oleh dua benua yaitu Benua Asia dan Benua Australia serta dua samudera yaitu Samudera Hindia dan Samudera Pasifik membuat Indonesia dipengaruhi oleh dua angin musim, yaitu angin musim barat dan angin musim timur. Angin ini berhembus secara periodik dan terjadi dalam waktu minimal 3 bulan. Angin musim barat adalah angin yang berhembus dari Benua Asia ke Benua Australia, angin ini biasanya yang menyebabkan hujan turun dikawasan Asia dan Australian, dan angin ini umunya terjadi pada bulan Desember sampai Januari. Sedangkan angin musim timur adalah angin yang bergerak dari Benua Australian ke Benua Asia, angin ini tidak mengandung curah hujan yang banyak, dan biasanya terjadi pada periode Juni sampai Agustus.
Indonesia adalah negara kepulauan terbesar didunia, beberapa negara yang berbentuk kepulauan antara lain Jepang, Filipina, dan Maladewa. Jumlah pulau di Indonesia tercatat lebih dari 17.000 pulau yang terbentang dari Sabang sampe Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote. Hal ini menjadikan Indonesia unik dengan keanekaragaman adat istiadat, suku, budaya, ras, dan masih banyak lagi. Meskipun demikian, kita harus menjunjung tinggi Bhinneka Tungkal Ika yang berarti berbeda-beda tetapi tetap satu tujuan.
Letak Indonesia yang strategis serta bentuk negara Indonesia yang terdiri dari pulau-pulau bukan tanpa kelemahan. Hal ini menyebabkan Indonesia rentan mendapatkan ancaman dari luar dan seringkali terkendala masalah kordinasi. Untuk hal semacam ini, kita sudah bisa berkaca dari kasus Sipadan dan Ligitan serta konflik-konflik yang sering terjadi diperbatasan. 
  
B. Letak Astronomis Indonesia Serta Pengaruhnya
Letak astronomis Indonesia adalah posisi letak negara Indonesia berdasarkan garis lintang dan garis bujur. Garis lintang adalah garis khayal horizontal yang melingkari bumi, sedangkan garis bujur adalah garis khayal vertikal yang menghubungkan belahan bumi paling utara dan selatan. Menurut posisi astronomisnya, Indonesia terletak pada  6° LU (Lintang Utara) – 11° LS (Lintang Selatan) dan antara 95° BT (Bujur Timur) – 141° BT (Bujur Timur).


Jika kita melihat gambar peta disamping, maka kota Pontianak dilalui oleh suatu garis yang dinamakan garis khatulistiwa (garis ini juga biasa disebut garis ekuator dan garis lintang 0°). Garis khatulistiwa berada ditengah bumi, garis ini membagi bumi manjadi 2 bagian yang sama besarnya yaitu bumi bagian utara dan bumi bagian selatan. Indonesia merupakan satu dari sedikit negara yang memiliki wilayah didua bagian tersebut. Misalnya saja kota Manado berada dibelahan bumi bagian utara, sedangkan kota Bandung berada dibelahan bumi bagian selatan.

Karena posisi astronomis Indonesiaterletak pada 6°  LU  – 11° LS, maka Indonesia merupakan negara yang memiliki iklim tropis. Secara umum, negara-negara yang beriklim tropis adalah negara yang hangat dengan sinar matahari yang melimpah. Hanya ada dua musim pada negara-negara tropis, yaitu musim hujan dan musim kemarau. Sebagian besar negara-negara yang berada dikawasan Asia Tenggara beriklim tropis seperti Indonesia, Singapura, dan Malaysia. Begitu juga dengan negara-negara dikawasan Asia Selatan seperti India, Sri Lanka, dan Maladewa yang mayoritas daerah-daerahnya beriklim tropis. Hampir semua negara di kawasan Afrika dan Amerika Latin juga beriklim tropis seperti Ghana, Pantai Gading, Kuba, dan Brasil.
Secara umum, negara-negara tropis memiliki berbagai macam kelebihan seperti tanahnya yang subur, curah hujan yang tinggi, sinar matahari yang melimpah, flora fauna yang beranegaragam, sumber daya alam yang melimpah ruah, dan masih banyak lagi kelebihan-kelebihan lainnya. Oleh karena itu sudah sepatutnya kita mensyukuri karunia yang telah diberikan oleh Tuhan tersebut kepada negara kita tercinta, Indonesia. Adapun ciri-ciri negara yang beriklim tropis adalah memiliki curah hujan tahunan yang tinggi dengan rata-rata lebih dari 70 cm/tahun, suhu udara rata-rata yang tinggi sekitar 20°C – 30°C, tekanan udara yang relatif rendah dengan perubahannya secara perlahan-lahan dan beraturan, dan amplitudo suhu rata-rata tahunan kecil berkisar antara 1°C – 5°C.
Pengaruh posisi astronomis Indonesia di 95° BT – 141° BT adalah secara de facto Indonesia terbagi kedalam 3 zona waktu, yaitu Waktu Indonesia Barat (WIB), Waktu Indonesia Tengah (WIT) dan Waktu Indonesia Timur (WIT). Pembagian waktu di Indonesia sudah memiliki kekuatan hukum sejak keluarnnya Keputusan Presiden No. 41 tahun 1987, dan sejak 01 Januari 1988 pembagian wilayah waktu di Indonesia adalah sebagai berikut:
1.     Waktu Indonesia Barat (WIB) meliputi wilayah Sumatera, Jawa, Kalimantan Barat, dan kalimantan Tengah. Waktu didaerah tersebut memiliki perbedaan 7 jam (lebih awal) dengan Greenwich Mean Time (GMT).
2.     Waktu Indosesia Tengah (WITA) meliputi wilayah Kalimanatan Timur, Kalimantan Selatan, Bali, NTB, NTT, Timor Timur (sudah desintegrasi), dan Sulawesi. Waktu didaerah tersebut memiliki perbedaan 8 jam (lebih awal) dengan Greenwich Mean Time (GMT)
3.     Waktu Indosesia Timur (WIT) meliputi wilayah Maluku dan Irian Jaya (sekarang sudah berubah nama menjadi Papua). Waktu didaerah tersebut memiliki perbedaan 9 jam (lebih awal) dengan Greenwich Mean Time (GMT).
Berdasarkan pembagian waktu diatas, dapat kita tarik kesimpulan bahwa perbedaaan waktu antara WIB dan WITA adalah 1 jam, WITA dan WIT adalah 1 jam, dan WIB dan WIT adalah 2 jam. Sebagai contoh jika di Bandung menunjukan pukul 07.00 WIB, berarti di Manado pukul 08.00 WIB dan di Merauke pukul 09.00 WIT.
C.    Letak Geologis Indonesia Serta Pengaruhnya

Letak Geologis Indonesia adalah letak wilayah Indonesia berdasarkan berdasarkan susunan bebatuan yang ada dipermukaan bumi Indonesia. Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwasannya Indonesia adalah negera dengan jumlah gunung api terbanyak didunia dan sebagian besarnya adalah gunung-gunung yang masih aktif. Hal tersebut merupakan salah satu penyebab utama kesuburan tanah Indonesia. Tanah subuh karena mengandung unsur hara yang tinggi dan ini bisa terjadi karena letusan gunung berapi.
Kesuburan tanah di Indonesia sudah tidak diragunakan lagi, sudah banyak geolog-geolog kenamaan dari dalam maupun luar negeri yang“mengacungkan jempol” atas tingkat kesuburan tanah di Indonesia. Bahkan suburnya tanah di Indonesia sudah tertuang pada sebuah lirik lagu “Orang bilang tanah kita tanah surga, Tongkat kayu dan batu jadi tanaman”, masih ingatkah anda dengan lirik lagu tersebut? Kesuburan tanah di Indonesia ini menjadi salah satu faktor pendorong terciptanya keanekaragaman hayati di Indonesia. Dan Indonesia merupakan salah satu negara dengan tingkat keanekaragaman hayati yang tinggi. Oleh sebab itu kita berkewajiban mensyukuri kekayaan flora fauna yang ada di Indonesia ini.
Letak geologis suatu negara juga bisa diartikan sebagai letak negara tersebut berdasarkan keadaan bebatuan yang ada didalam perut bumi. Untuk Indonesia, lapisan bebatuan yang ada didalamnya sangat berkaitang erat dengan sistem pegunungan Indonesia. Indonesia terletak pada pusat pertemuan dua pegunungan muda, yaitu pengunungan sirkum Mediterania dan pegunungan sirkum Pasifik. Wilayah Indonesia bagian barat dilalui oleh pegunungan sirkum Mediterania sedangkan wilayah Indonesia bagian tengah dilalui oleh pegunungan sirkum Pasifik.
Secara geologis pula Indonesia terletak diantara tiga lempeng utama yang ada didunia yakni Lempeng Autralia, Eurasia, dan Pasifik. Hal ini juga yang menyebabkan kenapa di Indonesia sering terjadi gempa bumi. Gempa bumi bisa terjadi karena tumbukan antar lempeng, oleh karena Indonesia terletak diantara tiga lempeng utama dunia, maka kemungkinan terjadi gempa bumi di Indonesia sangat besar dibandingkan dengan negara-negara lain didunia. Sebagian besar wilayah di Indonesia sangat rawan terhadap gempa, kecuali wilayah Kalimantan.
Menurut ilmu geologi, Indonesia juga terletak diantara dua dangkalan besar, yaitu Dangkalan Sunda dan Dangkalan Sahul. Dangkalan itu sendiri adalah wilayah laut dangkal yang menghubungkan wilayah daratan yang sangat besar (bisa negara, kawasan, ataupun benua). Dangkalan sunda berada didaerah Indonesia bagian barat yang berhubungan langsung dengan Benua Asia. Dangkalan ini mencakup wilayah Semenanjung Malaysia, Sumatera, Jawa, Madura, Bali dan pulau-pulau kecil disekitarnya. Sedangkan Dangkalan Sahul berada di Indonesia bagian timur yang berhubungan langsung dengan Benua Australia. Dangkalan Sahul mencakupi wilayah yang sangat luas, membentang dari bagian utara Papua hingga bagian utara Benua Australia.

Keberadaan Dangkalan Sahul dan Dangkalan Sunda ini memiliki arti penting untuk keanekaragaman hayati di Indonesia. Selain itu, hal ini juga mempengaruhi kesamaan flora-fauna di Benua Asia dan Benua Australia. Untuk wilayah Indonesia bagian barat, flora-dan faunanya memiliki kesamaan dengan flora-fauna di Benua Asia, sedangkan untuk wilayah Indonesia bagian timur, flora-faunanya memiliki kesamaan dengan flora-fauna di Benua Australia. Sedangkan untuk wilayah Indonesia bagian tengah, flora-faunanya sebagian besar merupakan khas Indonesia yang tidak memiliki kesamaan dengan flora fauna di Benua Asia maupun Benua Autralia. 

1 komentar:

  1. Situs Judi Slot Online Joker123 Terpercaya & Judi Online
    Joker123 merupakan situs judi 군산 출장안마 online terbaik 하남 출장안마 serta 대구광역 출장안마 terpopuler Indonesia dan terpercaya no 1 Indonesia di 충청남도 출장샵 agen judi 구리 출장마사지 online terbaik serta casino online

    BalasHapus